KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur kehadirat Allah SWT , atas segala karunia dan rahmatNya , sehingga saya dapat
menyelesaikan laporan praktek kerja industry di PD.BPR MAJALENGKA kantor cabang
ligung walaupun kami banyak melewati langkah-langkah yang cukup menyulitkan
Alhamdulillah laporan ini dapat di selesaikan .
Laporan
ini tidak akan selesai apabila tidak ada dukungan dari pihak lain. Untuk itu
saya ucapkan banyak terima kasih kepada banyak pihak yang telah banyak membantu
kami, di antaranya :
1. Bapak
ODONG ABDURRAHMAN,S.Pd, selaku kepala sekolah MA Nurussyahid Kertajati
2. Ibu
DEWI MAYASARI , selaku pembimbing dari sekolah
3. Bapak
USEP WIRA SANTIKA, selaku pimpinan cabang
4. Bapak
IDA HIDAYAH, selaku pembimbing dari perusahaan
Saya menyadari bahwa dalam menyusun
laporan ini masih terdapat kekurangan, seperti pepatah ‘’setiap orang mempunyai
kelemahan dan kelebihan masing-masing “. Oleh karena itu , saya sangat
mengharapkan kritik dan saran dimasa yang akan datang.
Akhir
kata saya mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak yang telah mendukung dan
memotivasi dalam penyusunan laporan ini.
DAFTAR
ISI
BAB
I PENDAHULUAN
1.1. LLatar Belakang.................................................................................................................................
1.2. MMaksud dan Tujuan Praktik Prakerin..............................................................................................
1.3. LLokasi dan Waktu Prakerin...............................................................................................................
BAB
II GAMBARAN PERUSAHAAN
2.1. Sejarah Perusahaan..........................................................................................................................
2.2. Visi dan Misi Perusahaan...................................................................................................................
2.3. Aspek Pemasaran.............................................................................................................................
2.4. Sistem Akuntansi Yang Digunakan.....................................................................................................
2.5. Produk-Produk Perusahaan..............................................................................................................
BAB
III PELAKSANAAN KERJA PRAKTIK
3.1. Peserta Prakerin...............................................................................................................................
3.2. Kegiatan Prakerin..............................................................................................................................
3.3. Hasil Kegiatan Prakerin......................................................................................................................
3.4. Manfaat Prakerin..............................................................................................................................
BAB
IV PENUTUP
4.1.
KESIMPULAN....................................................................................................................................
1.1.
LATAR BELAKANG
Sekolah
merupakan sarana pendidikan sebagai tempat belajar –mengajar untuk menghasilkan
siswa –siswi yang unggul dan berprestasi .dan SMK merupakan tingkat lanjut
setelah SMP.
Kurikulum
SMK berbeda dengan SMA , karena di SMK siswa-siswi di siapkan untuk bisa terjun
langsung ke dunia kerja sebagai pendidikan system ganda ( PSG ) , untuk
membandingkan ilmu pengetahuan yang di peroleh di bangku sekolah dengan
kenyataan di lapangan . siswa-siswi di latih dengan di adakannya PRAKERIN.
Dengan harapan mendapatkan pengalaman langsung dalam tuntunan dunia kerja sesuai
dengan kualifikasi pendidikan yang di peroleh di bangku sekolah dengan jelas
dan bukan sekedar teori saja .beberapa perusahaan yang ada di berbagai daerah.
Latar
belakang dari pembuatan laporan ini adalah sebagai bukti pelengkap bahwa kami
telah melaksanakan PRAKERIN di PD. BPR MAJALENGKA kantor cabang ligung selama 3
bulan di mana praktek kerja lapangan ini di adakan setiap awal semester 4 yang bertujuan agar setelah
siswa-siswi lulus di harapkan dapat bekerja sesuai dengan jurusan masing-masing
/ dapat juga meneruskan ke perguruan tinggi .
1.2. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud
dan tujuan yang paling utama dari praktek kerja industri yaitu memenuhi syarat
untuk mengikuti uji kompetensi , dan UAS ( Ujian Akhir Semester ) , selain itu
adapun metode tujuannya di antaranya :
1. untuk
memenuhi salah satu tugas dari sekolah
2. untuk
memenuhi kecakapan hidup
3. untuk
melatih diri agar terbiasa di dunia kerja
4. untu
mengolah pikiran menjadi dewasa
5. untuk
melatih diri bagaimana cara berkomunikasi yang baik di tempat kerja
1.3. LOKASI DAN WAKTU
PRAKERIN
Saya
melaksanakan kegiatan PRAKERIN di PD,BPR SUKAHAJI Kantor Cabang Ligung yang
beralamat di Jl. Raya Ligung No.12, selama
tiga bulan terhitung dari
tanggal 2 Januari 2018 sampai 31Maret 2018.
BAB
II
2.1. SEJARAH PERUSAHAAN
PD.
BPR SUKAHAJI memiliki tujuh kantor cabang diantaranya adalah kantor cabang
ligung. Yang berdiri pada tahun 1974 dengan nama PD. BANK KARYA PRODUKSI DESA
(BKPD) LIGUNG. Dan berubah nama menjadi PD. BPR SUKAHAJI dengan izin Deputi
Bank Indonesia dengan keputusan no. 10/7/KEPDPG/2008 pada tanggal 13 mei 2008,
dan secara resmi tanggal 2 juli 2008 PD.BPR SUKAHAJI di kabupaten majalengka
digabung menjadi PD. BPR SUKAHAJI, tujuan penggabungan ini untuk menjadikan PD.
BPR SUKAHAJI menjadi BPR yang handal, terbaik dan terpecaya di kabupaten
Majalengka.
Sebagai
salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang kepemilikan sahamnya 100%
dimiliki oleh pemerintah kabupaten majalengka, BPR SUKAHAJI harus menjadi
lembaga keuangan yang efektif dan efisien, apa lagi dihubungkan otonomi daerah
yang menurut peraturan mentri dalam negeri no 22 tahun 2006 dan peraturan
daerah kabupaten Majalengka no 3 tahun 2007 tentang Perusahaan Daerah Bank
Perkreditan Rakyat (PD. BPR), selain sebagai salah satu kelengkapan otonomi
daerah, maksud dan tujuan didirikannya PD. BPR SUKAHAJI yaitu membantu dan
mendorong pertumbuhan perekonomian dan pembangunan daerah disegala bidang serta
sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah dalam rangka meningkatkan
taraf hidup rakyat terutama rakyat kabupaten majalengka.
Walaupun
sebagian masyarakat lebih mengenal Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sebagai
pemberi kredit kepada pihak yang memerlukan, namun sebenarnya BPR berfungsi
sebagai lembaga perantara pihak-pihak yang memiliki kelebihan dana untuk
disimpan dalam bentuk tabungan atau deposito berjangka.
Keberadaan
dan fungsinya sebagai perantara inilah yang mendorong BPR tetap menyediakan
produk-produk yang bertujuan untuk menyalurkan dana kredit dengan berbagai
jenis dan jaminan.
2.2.
VISI & MISI PERUSAHAAN
VISI
Menjadi
BPR yang sehat & kuat dengan asset terbesar melalui jaringan terluas
didukung layanan terbaik.
MISI
Memberikan
layanan perbankan melalui system managemen mutu, service quality, SDM
berkompeten dan inspratuktur yang sesuai untuk menciptakan loyalitas nasabah
dalam rangka tumbuh berkembangnya perusahaan.
2.3.
ASPEK PEMASARAN
Produk-produk
yang telah disediakan BPR SUKAHAJI tidak akan berarti bagi masyarakat sekitar,
apabila produk BPR SUKAHAJI tersebut didiamkan saja (tidak dipasrahkan). Agar
produk-produknya dikenal dipasaran BPR SUKAHAJI menggunakan konsep bauran
pemasaran yang sering dikenal dengan istilah marketing mix yang berupa hal-hal
yang berkaitan dengan produk dan promosi seperti diantaranya mengeluarkan
produk-produk tabungan yang rendah biaya administratifnya dan mudah
persyaratannya seperti, Tabunganku, tabungan Tiara, dan tabungan Kotakmas, SIDASI,
dan TAHARA selain itu juga melayani penyimpanan uang dalam bentuk deposito
berjangka, selain itu juga melayani pembayaran listrik dan pengambilan uang
dalam bentuk Westren Union (WU). Selain itu juga menyediakan pinjaman dengan
tingkat bunga rendah dan persyaratan yang sangat mudah.
Aspek-aspek
pemasaran tersebut diperlukan oleh BPR SUKAHAJI untuk dapat memuaskan nasabah
dan calon nasabah baru sekaligus mencapai target yaitu berupa laba, target
volume kredit, target volume dana, target beberapa nasabah, dan lain-lain.
2.4.
SISTEM AKUNTANSI YANG DIGUNAKAN
Sistem
akuntansi yang digunakan yaitu system akuntansi perpetual dimana laporan
keuangan seperti Neraca dan Laba Rugi dibuat harian dan pemegang uang kas
dibagi dua yaitu kas kecil dan kas besar. Kas kecil digunakan untuk pengeluaran
yang tidak terlalu besar seperti pembelian alat tulis kantor dan dimana jumlah
uang kas kecil selalu sama setiap harinya. Sedangkan kas besar untuk
pengeluaran yang besar seperti pencairan kredit.
Sistem
bunga yang digunakan adalah system bunga anuitas/ menurun dimana meskipun
setoran setiap bulannya sama namun bunga akan menurun dan setoran pokok akan
menambah . Dan setiap debitur telah diasuransikan dengan uang muka dipotong
dari pencairan itu bertujuan untuk apa bila debitur mendapat musibah maka sisa
pinjaman dapat dibayar dari asuransi. Sistem penghitungan penyusutan
menggunakan system garis lurus dimana tariff penyusutan setiap bulannya sama.
SEJARAH
BERGANTI NAMA PERUSAHAAN
PD.
BPR SUKAHAJI yang kemudian berganti nama menjadi Perumda BPR Majalengka tanggal
21 agustus 2015, sebagai perusahaan daerah sebagai salah satu Badan Usaha Milik
Daerah (BUMD) mempunyai peran strategis dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi
wilayah, pelayanan public dalam hal perbankan juga memberikan ruang bagi
lapangan pekerjaan serta memberikan kontribusi alam PAD.
PUD.
BPR Majalengka merupakan hasil penggabungan (merger) 7 bank yang meliputi PD.
BPR Rajagaluh, Cikijing, Bantarujeg, Kadipaten, Ligung, Jatitujuh dan ligung
kedalam PD. BPR SUKAHAJI, dan mulai beroprasi sejak tanggal 2 juli 2008 dengan
dasar hukum perda kabupaten majalengka No. 3 Tahun 2007 tentang pendirian PD.
BPR SUKAHAJI hasil merger, serta dilengkapi dengan izin bank Indonesia melalui
surat keputusan gubernur bank Indonesia tanggal 13 mei 2008. Modal dasar PD.BPR
SUKAHAJI memiliki modal dasar Rp. 10.000.000.000,- (Sepuluh Milyar Rupiah),
sesuai dengan anggaran dasarnya yaitu aturan daerah No.3 Tahun 2007 dan diganti
menjadi perda No.4 Tahun 2015 tentang perubahan nama PD. BPR SUKAHAJI
Majalengka menjadi Perumda BPR Majalengka. Didukung komitmen bersama pemegang
saham dan pengurus serta staf menjadikan PD. BPR SUKAHAJI sebagai suatu
perusahaan daerah penyumbang terbesar Pendapatan
Asli Daerah Tahun 2015 dan mampu bersaing didunia perbankan dibandingkan dengan
BPR lainnya yang ada di Majalengka.
2.5.PRODUK-PRODUK
PERUSAHAAN
1. Priduk
Tabungan:
-Tabungan
TIARA
-Tabungan
Kotak Mas
-Tabungan
SIDASI
-Tabungan
TAPAQUR
-Tabungan
TADABUR
-Tabunganku
2. Deposito
Deposito
berjangka adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada saat
tanggal jatuh tempo sesuai dengan perjanjian yang disepakati pihak bank dengan
deposan, jangka waktu deposito berjangka adalah 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 9
bulan, 12 bulan, 24 bukan.
3. Perkreditan
PD.BPR Majalengka melayani pemberian kredit , Sektor-sektor kredit
:
- sektor pertanian
- sektor industry
- sektor perdagangan
- sektor jasa-jasa, dan sector lainnya
BABIII
3.1. PESERTA PRAKERIN
Yang
mengikuti kegiatan PRAKERIN di PD.BPR Majalengka kantor Cabang Ligung berjumlah
1 orang, yaitu :
1. Nurhayati
3.2. KEGIATAN PRAKERIN
1. Melayani
Nasabah (Menuliskan Slip Transaksi Setoran dan Penarikan).
2. Menghitung
dan Merapihkan Uang Kertas Maupun Uang Logam.
3. Membantu
CUSTOMER SERVICE (Mengisi Formulir Pembukaan Rekening Tabungan, Formulir
Penutupan Rekening Tabungan dan Deposito, dan Formulir Permohonan Kredit.
4. Mencari
Berkas Lama Maupun Berkas Yang Baru Diarsipkan Sesuai Dengan Nomor PK Yang
Tertera Dalam Kwitansi Angsuran.
5. Transaksi
Tabungan Kolektif.
6. Prin
Buku Tabungan.
7. Menscan
Berkas-berkas Nasabah Maupun Berkas Pegawai.
8. Menyusun
Slip TransaksiSetoran dan Penarikan.
9. Menstempel
Slip Transaksi dan Berkas.
10. Mengarsip Aplikasi Tabungan,laporan
teller,tanda terima buku tabungan.
11. Kelapangan Setor Antar cabang
12. Mengisi Mutasi Vault Teller
3.3. HASIL KEGIATAN
PRAKERIN
Hasil
kegiatan yang kami dapatkan selama kegiatan prakerin adalah sebagai berikut :
a) menambah
wawasan
b) mengetahui
secara langsung bekerja di lapangan
c) mengetahui
tentang informasi perusahaan tersebut
d) member
gambaran nyata tentang dunia kerja yang sesungguhnya
e) mengenal
langsung lapangan pekerjaan yang akan di hadapinya sesuai dengan program
keahlian masing-masing
f) meningkatkan
kedisiplinan dalam melakukan pekerjaan,sikap,dan perilaku
3.4. MANFAAT PRAKERIN
Manfaat bagi siswa :
a) menambah
wawasan dalam dunia kerja
b) mengenal
dunia kerja yang sesungguhnya
manfaat
bagi sekolah :
a) menciptakan
kerja sama yang baik dengan dunia usaha
b) bekerja
sama dalam mengembangkan potensi siswa siswi dalam bidang kejuruan masing
masing.
Manfaat bagi dunia industry :
a) merasa terbantu adanya siswa siswi
prakerin.
b) Mengurangi beban pekerjaan para
karyawan.
BAB
IV
4.1. KKESIMPULAN
Dengan
adanya prektik kerja industry saya dapat mengambil kesimpulan bahwa kegiatan
ini sangat bermanfaat bagi siswa siswi Sekolan Menengah Kejuruan (SMK).
Pengalaman kerja yang didapatkan akan membuat siswa memiliki keahlian yang
professional dalam bidangnya dan mendidik para siswa untukmemiliki rasa
disiplin dan tanggung jawab yang tinggi.
SARAN:
1. Bagi
Sekolah:
a. Hendaknya
memilih tempat prekerin yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal
siswa.
b. Hendaknya
penempatan peserta prakerin disesuaikan dengan program keahliannya.
c. Hendaknya
tetap menjaga hubungan baik dengan perusahaan prakerin dengan PERUMDA BPR
MAJALENGKA CAB. LIGUNG.
2. Bagi
Perusahaan:
a. Mengharap
menerima adik adik kelas kami yang akan melakukan kegiatan prakerin juga yang
membutuhkan bimbingan praktik.
b. Terus
tingkatkan kinerja agar mampu mencapai visi dan misinya menjadi BPR terbaik.
0 Response to "PESERTA DIDIK MA NURUSSYAHID MELAKUKAN KEGIATAN MAGANG DI PD. BPR MAJALENGKA CABANG LIGUNG"
Post a Comment